Iklan

10 Kampus Terbaik Yang Ada Di Yogyakarta Tahun 2022

Admin - JabarTrends
18 Januari 2022, 17:20 WIB Last Updated 2022-02-16T04:47:01Z
Baca Juga

Kampus Terbaik Yang Ada Di Yogyakarta Tahun 2022
Kampus Terbaik Yang Ada Di Yogyakarta Tahun 2022

Kampus Terbaik Yang Ada Di Yogyakarta
-Mungkin dari kita semua udah pada tau ya kalo Jogjakarta itu disebut juga sebagai kota pelajar itu semua dilandasi dari kota Yogyakarta yang memiliki banyak kampus ataupun sekolah-sekolah yang keren-keren abis pokoknya.

 

Yogyakarta memiliki suasana yang hangat dan juga kental akan budaya sehingga membuat pelajar dan mahasiswa nyaman untuk bisa melakukan studi disana.


Nah bagi kamu yang ingin mengetahui Kampus terbaik di Yogyakarta berikut jabartrends akan membagikan 10 kampus terbaik yang ada di Jogjakarta negeri maupun swasta menurut webometrics Tahun 2021 2022.

 

10 Kampus Terbaik Yang Ada Di Yogyakarta Tahun 2022


1. Universitas Gadjah Mada (UGM)

 

Peringkat nomor satu sesuai dengan apa yang kalian tebak di peringkat nomor satu universitas terbaik di Yogyakarta ditempati oleh Universitas Gadjah Mada atau UGM yang dimana kampus UGM ini terletak di bulaksumur Kecamatan Depok Kabupaten Sleman Jogyakarta.

 

Dikutip dari halaman resminya kompos ini merupakan salah satu yang tertua di Indonesia. Diresmikan pada 19 Desember 1949 oleh pemerintah Indonesia pertama pada saat itu.

 

Kampus ini juga masuk dalam urutan dua kampus terbaik Indonesia versi webometrics ya pesaingnya kalau enggak UI ya ITB.

 

Saat ini Universitas Gajah Mada memiliki 18 fakultas. Untuk biaya pendidikannya sendiri di kampus UGM ini cukup spesial guys ini mana sama seperti penggunaan tinggi negeri lainnya menggunakan sistem UKT yang dikelompokkan berdasarkan kemampuan dari Wali mahasiswa atau orang tua kalian.

 

2. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)


Muhammadiyah Yogyakarta adalah kampus swasta pertama terbaik di Yogyakarta. Kampus ini berada di urutan 11 kampus terbaik di Indonesia versi webometrics.dengan menyandang akreditasi peringkat A. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta mengusung metode pendidikan yang modern dan juga Islami tentunya.

 

Menurut halaman resminya umy.ac.id kampus ini memiliki beragam program pendidikan diantaranya tiga program vokasi, 23 program sarjana, 7 program magister, tiga program Doktor dan lima program pendidikan profesi.

 

3. Universitas Islam Indonesia (UII)


Universitas Indonesia menempati urutan 12 kampus terbaik di Indonesia versi webometrics. Di kampus ini ada beberapa program studi yakni 4 program Diploma, 25 program sarjana, 12 program magister, 4 program Doktor dan 3 program profesi.

 

Biaya kuliahnya sendiri di kampus UI ini sangat beragam tergantung dari program dan Jurusan apa yang kalian ambil.

 

Namun harus kali persiapkan adalah ketika masuk kampus swasta Dimana ada biaya SPP, SKS dan juga uang pembangunannya. Banyak orang yang mengatakan cukup mahal namun itu sebanding lurus dengan fasilitas dan pengajaran yang kalian dapat dari kampus yang satu ini. Kampus satu ini memang merupakan tahun yang cukup Elite dan memiliki fasilitas yang lengkap guys Oke keren deh.

 

4. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)


Universitas Negeri Yogyakarta ini berada di urutan ke-23 kampus terbaik di Indonesia versi webometrics guys. Kampus ini berdiri pada 21 mei 1964 dengan nama Institut keguruan dan ilmu pendidikan atau IKIP.

 

Dilansir dari halaman resmi nya uny.ac.id saat ini UNY ini memiliki tujuh fakultas dan satu program pascasarjana dengan jumlah mahasiswa lebih dari 25 orang guys.

 

Nah untuk biaya kuliahnya sendiri di kampus UN ini sangat asyik ya karena ini masuk dalam kategori kampus negeri yang dimana sistem pembiayaan kuliahnya berdasarkan UKT atau uang kuliah Tunggal yang dikelompokkan berdasarkan kelompok tertentu mengikuti metrik kemampuan dari Wali mahasiswa.

 

Baca Juga: 7 Kampus Keguruan Terbaik Di Indonesia 2022 


5.  Universitas Atma jaya Jogjakarta


Menempati peringkat urutan kelima sebagai Universitas terbaik yang ada di Yogyakarta Atma jaya sebenarnya juga ada di kota-kota besar lainnya namun kali ini di cabang yang ada di Yogyakarta.

 

Atma jaya Yogyakarta didirikan oleh sejumlah orang awal Katolik pada 27 september 1965 dan kini kampus ini berada di urutan ke-28 kampus terbaik di Indonesia versi webometrics.

 

Semua program studi S1 dan S2 sudah terakreditasi ban-pt ya. Dikutip dari halaman resminya saat ini Universitas Atmajaya Yogyakarta memiliki tujuh program studi Strata 1, 7 program studi strata 2 dan tak hanya itu kampus ini juga memiliki tujuh Kelas sarjana internasional yang dimana nantinya kalian belajar dalam penggabungan pembelajaran dalam negeri dan juga di luar negeri.

 

6. Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta


Nah Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta Ini adalah kampus yang menempati urutan 31 di daftar universitas terbaik di Indonesia versi webometrics dan telah memperoleh akreditasi A dari ban-pt pada tahun 2017.

 

Menurut website resminya uad.ac.id kampus ini didirikan pada 18 November 1960 dan merupakan pengembangan dari Institut keguruan dan ilmu pendidikan atau IKIP Yogyakarta.

 

Untuk pembiayaan kuliah sendiri dilibas Ahmad Dahlan ini itu berbeda-beda tergantung dari jurusan apa yang kalian ambil guys. Nah tapi karena kampus ini masuk dalam kategori kampus swasta dimana kalian akan dibebankan lagi yang namanya uang pangkal atau uang gedung di awal pertama kalian masuk ke kuliah yang dibayarkan satu kali saja.

 

Untuk biaya masuknya sendiri pendaftaran registrasi S1 dan D4 itu sekitar 400ribuan. Saat ini universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta memiliki 36 program studi S1, 13 program magister S2, dan satu program Doktor.

 

Selain itu ini Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta juga memiliki program vokasi atau D3 dan D4 dan juga program profesi.

 

7. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta


Menempati peringkat nomor 7 di sini ada kampus Islam Negeri Atau biasa kita sebut UIN yang masuk dalam golongan perguruan tinggi negeri cikal bakal UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta ini merupakan Perguruan Tinggi Agama Islam atau PTAIN yang berdiri pada 26 september 1951. Dan tahun ini UIN Sunan Kalijaga Jogjakarta resmi mendapatkan gelar perguruan tinggi dengan akreditasi unggul dari ban-pt. Ini sekaligus menjadikan kampus ini sebagai perguruan tinggi keagamaan Islam Negeri pertama yang menyandang gelar tersebut.

 

UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta adalah perguruan tinggi yang memadukan dan mengembangkan studi keislaman dan keindonesiaan dalam disiplin ilmu yang diajarkan. Kampus ini berlandaskan nilai-nilai agama UIN Sunan Kalijaga masuk dalam jajaran UIN terbaik dari kampus UIN lain juga.

 

Dan untuk biaya kuliahnya sendiri di UIN Sunan Kalijaga itu berbeda-beda tergantung dari program studi dan bidang apa yang diambil. Tapi karena kampus ini masuk dalam kategori PTN semua pembiayaan mengikuti sistem UKT atau uang kuliah Tunggal yang dimana Sudah dikelompokkan besar uang kuliahnya mengikuti kemampuan dari para mahasiswanya.

 

Nah buat kalian yang mau ke kampus Islam Negeri yang ada di Yogyakarta inilah salah satu pilihan paling oke buat kalian semua.

 

8. Universitas Sanata Dharma Sleman


Menempati peringkat nomor 8 sebagai kampus yang terbaik di Yogyakarta menurut webometrics universitas yang didirikan Sejak tahun 1955 ini mengusung motto cerdas dan Humanis.

 

Universitas Sanata Dharma menempati urutan 75 dalam daftar Universitas terbaik di Indonesia versi webometrics. Mengutip dari lama usd.ac.id website resminya cikal bakal universitas ini adalah perguruan tinggi pendidikan guru atau PPPG yang diusung menteri pendidikan pengajaran dan kebudayaan RI Prof Moh Yamin SH.

 

Universitas ini memiliki delapan fakultas, dua program studi magister, dan satu program studi Doktor.

 

Untuk biaya pendidikan di Universitas Sanata Dharma ini itu berbeda-beda ya gengs bergantung dari program dan juga jurusan yang kalian ambil.

 

9. Institut Seni Indonesia Yogyakarta (ISI)


ISI Yogyakarta mempunyai tiga fakultas utama yakni seni rupa, seni pertunjukkan dan seni media rekam. Dari tiga fakultas tersebut ada 20 jurusan yang bisa dipilih.

 

Selain itu ISI Yogyakarta juga punya dua program studi magister dan satu program studi Doktor.

 

Untuk biaya pendidikannya sendiri di kampus ISI Yogyakarta dikutip dari website resminya karena kampus ini termasuk dalam golongan perguruan tinggi negeri biaya kuliahnya menggunakan sistem uang kuliah Tunggal atau UKT yang satu pembiayaan untuk seluruh kegiatan perkuliahan.

 

Dan untuk biayanya berbeda-beda tergantung program studi apa yang diambil Namun kita bisa lihat uang kuliahnya ada di range 500.000 sampai tiga setengah jutaan.

 

Namun jika kalian masuk ke kampus ini melalui jalur mandiri kalian diwajibkan untuk membayarkan uang sumbangan pengembangan institusi atau uang pangkal yang besarnya tiga juta sampai tujuh juta rupiah.

 

10. Universitas Kristen Duta Wacana


Nah kampus yang satu ini menempati urutan ke 87 dalam universitas terbaik Indonesia guys versi webometric ya. Universitas Kristen Duta Wacana berdiri pada tahun 1985 dan merupakan pengembangan dari Sekolah Tinggi Teologi Duta Wacana yang telah berdiri lebih dulu pada tahun 1962.

 

Menurut dari halaman website resminya lembaga pendidikan ini didirikan sebagai bentuk pengabdian gereja terhadap pendidikan di Indonesia dan sampai saat ini universitas kristen Duta Wacana memiliki tujuh program studi S1 atau strata 1, 3 program magister dan satu program studi Doktor.

 

Buat kalian yang mau melanjutkan studi di kampus yang keren satu ini langsung aja deh meluncur ke Jalan Wahidin sudirohusudo nomor 5 - 95 Yogyakarta biar bisa nanya langsung terkait pendaftaran dan biaya biayanya.

 

Nah kalau mengacu pada website resminya di universitas Kristen Duta Wacana untuk biaya pendidikan setiap program Tuh beda-beda tapi kalau mengacu pada jenjang S1 yang paling mahal kita bisa tahu adalah kedokteran dan yang paling murah adalah pendidikan bahasa Inggris.


Nah itulah 10 Kampus Terbaik Yang Ada Di Yogyakarta Tahun 2022 yang telah kami rangkum versi webometric untuk sobat jabartrends.com semua.


Gimana Menurut kalian kira-kira mau masuk ke kampus yang Urutan keberapa nih yang negeri atau swasta ya pokoknya doa terbaik ya dari gue buat keren semua.

 

Kalau kamu mau masuk yang Negeri pastikan kalian mempersiapkan dari jauh-jauh hari untuk ujian tulisnya namun kalau kamu yang mau masuk swasta juga harus tetap belajar karena bukan sekedar bayar uang aja tapi juga kadang ada penyeleksiannya.

 

Buat kalian yang mau tahu Lebih detail tentang kampusnya kayak biaya Pendaftarannya berapa, ada program studi apa saja, dan Berapa biaya untuk spesifik program studi yang kalian ingin kalian bisa langsung aja ke website resminya.

 

 

Komentar

Tampilkan

Terkini