Iklan

5 Jalur Undangan Selain SNMPTN 2022, Tanpa Ujian Tulis untuk Masuk PTN

Admin - JabarTrends
29 Januari 2022, 21:14 WIB Last Updated 2022-02-16T04:40:51Z
Baca Juga

Jalur Undangan Selain SNMPTN 2022
Jalur Undangan Selain SNMPTN 2022


Jalur Undangan Selain SNMPTN 2022, Tanpa Ujian Tulis! Untuk Masuk Ke PTN -Bagi kamu yang sekarang duduk di bangku kelas 12 pastinya sekarang sedang berjuang mendapatkan kampus impiannya dan kita tahu bahwa untuk masuk Kampus Negeri Terbaik.


Ada penyeleksian khusus yang harus kita lalui yaitu melalui dua metode yang pertama melalui jalur undangan atau fortofolio yang dinilai dari Nilai raport, prestasi, dan latar belakang lainnya. Dan satu metode lagi yaitu kalian melalui jalur ujian tulis dengan mengerjakan soal-soal berstandar khusus yang sudah disediakan.


Nah buat kalian yang memiliki latar belakang nilai raport dan prestasi yang cukup baik seperti berasal dari sekolah favorit, memiliki banyak prestasi atau mungkin menjadi juara kelas wajib banget nih mengetahui beberapa jalur undangan supaya bisa mengantarkan kalian ke kampus negeri impian kalian tanpa Harus repot-repot bersaing melalui ujian tulis yang begitu sulit.


Nah kira-kira jalur undangan selain SNMPTN ada apa aja ya?  Dan apakah mungkin mendapatkan lebih dari satu PTN melalui jalur undangan ini?  So Langsung aja kita bahas let's go.


5 Jalur Undangan Selain SNMPTN 2022, Tanpa Ujian Tulis! Untuk Masuk ke Perguruan Tinggi Negeri


1. SNMPTN


Sebelum membahas jalur undangan selain SNMPTN alangkah baiknya kita bahas dulu jalur undangan SNMPTN agar kamu mengetahui lebih dalam apa itu jalur SNMPTN dan bagaimana skemanya.


SNMPTN atau biasa dikenal dengan sebutan seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri yaitu adalah jalur masuk PTN undangan yang menggunakan nilai raport sebagai syarat penilaiannya. Nilai raport ini yang digunakan yaitu dari semester 1 sampai semester 5.


Bagi kalian para anak SMA sederajat, SMK atau MA,  Kamu bisa juga menyertakan sertifikat pencapaian prestasi ini agar peluang lolos SNMPTN makin besar. karena pada dasarnya jalur seleksi SNMPTN ini menilai berdasarkan pencapaian prestasi akademik siswa.


Oh iya nggak semua kelas 12 bisa ikut SNMPTN Ya, dimana saat ini SNMPTN memiliki ketentuan kuota tertentu untuk masing-masing sekolah atau bisa dibilang Nggak semuanya bisa ikutan hanya siswa-siswa tertentu yang terpilih saja yang boleh mengikuti SNMPTN.


Nah Gimana tertarik untuk ikut SNMPTN? Buat informasi lebih lengkapnya karena SNMPTN ini diselenggarakan oleh LTMPT kalian bisa langsung ke website resminya di di portal ltmpt.ac.id


2. SNMPN


Bagi kamu yang tidak lolos di SNMPTN kamu jangan berkecil hati ya karena masih ada jalur undangan selain SNMPTN yang bisa dijadikan sebagai andalan untuk masuk ke PTN atau perguruan tinggi negeri.


Jalur undangan selain SNMPTN yang bisa kamu ikuti adalah SNMPN. Nah jalur SNMPN ini hampir mirip dengan jalur yang pertama tadi SNMPTN, namun yang berbeda adalah SNMPTN itu dikhususkan untuk jenjang S1 dan Diploma 4 di politeknik ataupun perguruan tinggi negeri. Sedangkan SNMPN ini berfokus langsung hanya ke politeknik negeri saja dan jenjangnya adalah Diploma 3 atau D3. 


SNMPN atau seleksi nasional masuk Politeknik Negeri adalah jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dilaksanakan secara serentak oleh seluruh Politeknik Negeri yang ada di Indonesia.


Untuk persyaratan mengikuti SNMPTN ini yaitu kamu wajib memiliki NISN atau nomor induk siswa nasional yang terdaftar sebagai peserta UN. Selain itu kamu juga harus mendapatkan rekomendasi dari pihak sekolah atau kepala sekolah. 


Persyaratan selanjutnya yang udah jelas adalah kamu memiliki prestasi akademik bisa itu pernah menang Olimpiade, atau mungkin hanya sekedar nilai kamu atau kamu rangking Di sekolah itu udah cukup kok.


Buat informasi lebih lengkapnya kurang lebih kalian harus mendaftar di snmpn.politeknik.or.id


3. SPAN-PTKIN


Jalur undangan selain SNMPTN yang tanpa ujian selanjutnya adalah SPAN-PTKIN. Kalau SNMPN itu untuk Politeknik Negeri kalau SPAN-PTKIN dikhususkan untuk tiga lembaga pendidikan keislaman seperti UIN, atau Universitas Islam Negeri lalu ada IAIN Institut Agama Islam Negeri dan juga ada STAIN Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri.


Adapun untuk penilaian seleksinya melalui sistem panitia nasional yang membuat pemeringkatan siswa berdasarkan nilai mata pelajaran yang menjadi mata uji dalam ujian nasional tahun tersebut.


Untuk informasi lebih lengkapnya tentang tanggal pelaksanaan SPAN-PTKIN dan website untuk pendaftarannya kalian bisa melalui tautan berikut. Https://span-ptkin.ac.id/page


4. USMI IPB


Jalur undangan tanpa ujian selanjutnya nih ada USMI IPB buat kalian yang mau banget masuk kampus Institut Pertanian Bogor USMI IPB ini bisa menjadi jalur alternatif buat kalian semua. Yang di mana USMI IPB di alokasikan untuk kalian yang mau masuk sekolah vokasi nya yang memiliki jenjang Diploma.


USMI IPB merupakan jalur penerimaan melalui Nilai raport pencapaian akademik tanpa harus mengikuti ujian tes tulis bagi kalian para SMA SMK atau pun Ema sederajat itu belas.


Untuk informasi lebih lengkapnya kalian bisa langsung aja kunjungi website resminya untuk mengetahui kapan jalur ini dibuka.


5. PPKB DAN TALENT SCOUTING UI


Terakhir, jalur undangan selain SNMPTN tanpa tes berikutnya yaitu PPKB dan TALENT SCOUTING UI Universitas Indonesia. Dari namanya kalian aja udah taulah ya bahwa jalur seleksi yang satu ini secara spesifik diselenggarakan oleh Universitas Indonesia.


Buat kamu yang pengen jadi keluarga yellowjacket nih atau jaket kuning Boleh banget jalur ini menjadi alternatif kalian untuk masuk kampus yang keren satu ini. Kalau Biasanya kita tahu untuk masuk ke UI itu jalur SNMPTN dan utbk-sbmptn untuk program S1 reguler nya ada juga loh program-program lain yang disediakan oleh Universitas Indonesia seperti S1 paralel, vokasi dan S1 kelas internasional. 


Nah jalur inilah PPKB dan Talent scouting UI sebagai jembatan untuk menerima mahasiswa barunya di program tersebut. Sistem penyeleksian nya kurang lebih mirip dengan jalur-jalur sebelumnya. Kalian disaring berdasarkan prestasi akademik dan Nilai raport.


Untuk program-program yang ada di jalur seleksi ini bisa dikatakan memiliki biaya yang cukup mahal karena S1 paralel vokasi dan kelas internasional tidak mengikuti ketentuan pembiayaan perkuliahan seperti S1 reguler yang biasanya.


Jadi buat kalian yang mau masuk melalui jalur ini pastikan memiliki kondisi perekonomian yang cukup baik. Untuk informasi cara pendaftaran dan persyaratan lebih lengkapnya kalian bisa cek aja di Tautan berikut. Https://simak.ui.ac.id/


Hai Nah jadi itulah 5 Jalur Undangan Selain SNMPTN 2022, Tanpa Ujian Tulis! untuk masuk ke kampus Negeri yang telah kami rangkum versi jabartrends.com 


Bagaimana nih kamu tertarik masuk melalui jalur mana? Semoga berhasil ya dan semoga artikel ini menjadi referensi bagi kamu yang ingin menentukan jalur masuk ke perguruan tinggi negeri.


Paling banyak dicari: 

  • jalur undangan kuliah
  • snmptn adalah
  • alternatif selain sbmptn
  • jenis seleksi masuk ptn
  • kepanjangan sn dan sb
  • seleksi masuk vokasi
  • sistem seleksi masuk perguruan tinggi negeri tahun 2020
  • kuliah jalur nilai raport

Komentar

Tampilkan

Terkini