Iklan

15 Universitas Terbaik Dan Terpopuler Di Bandung dan Jurusannya

Admin - JabarTrends
18 Januari 2022, 07:16 WIB Last Updated 2022-02-16T04:48:47Z
Baca Juga

Universitas Terbaik Dan Terpopuler Di Kota Bandung dan Jurusannya – Kota bandung merupakan kota sudah cukup ramai dan memiliki extension yang sangat besar di Jawa Barat.


Kota Bandung memiliki tempat yang asyik, penduduk yang ramah dan lingkungan yang sangat menyenangkan untuk mahasiswa. Jadi buat kalian yang kuliah disana pasti bakalan asik dan seru banget deh nggak akan bosen.


Kota Bandung sendiri memiliki banyak kampus kampus dan universitas dan tentunya kualitasnya sangat baik ya dan sangat terkenal dimana-mana. Nah kira-kira ada kampus apa aja so Langsung aja kita bahas.


Tapi sebelum itu harap diingat bahwa pemeringkatan universitas ini enggak secara spesifik mencerminkan kampus itu lebih baik daripada universitas yang lainnya ya. Tapi kita lihat dari sekedar popularitasnya jadi Kota Bandung. Karena yang populer belum tentu lebih berkualitas.


Berikut 15 Universitas Terbaik Dan Terpopuler Di Kota Bandung dan Jurusannya


1. Institut Teknologi Bandung (ITB)


Universitas Terbaik Dan Terpopuler Di Bandung
Universitas Terbaik Dan Terpopuler Di Bandung

Kampus yang paling populer dan diminati oleh warga Bandung di semua yaitu ada Institut Teknologi Bandung atau biasa dikenal dengan sebutan ITB. Kalau kamu kuliah di kampus ini sudah gak perlu ditanya lagi ya. Paling favorite banget deh. 


Bagaimana tidak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil kuliah disini, Ir Soekarno kuliah di sini, BJ Habibie juga kuliah di sini, mereka semua ada alumni ITB yang lulus menjadi seorang tokoh yang hebat. 


Kamus yang satu ini menjadi favoritnya anak SMA IPA dengan persaingan yang cukup sulit karena kalian Harus bersaing di SNMPTN, SBMPTN dan jalur mandirinya yang memang berisi anak-anak yang cukup hebat dan pintar.


Walaupun ITB dikenal sebagai kampusnya anak teknik tapi nggak semua jurusannya jurusan Teknik dan ke IPA an aja ya. Ada juga sekolah bisnis manajemennya yang cukup terkenal sebagai fakultas yang masuk dalam kategori IPS. Jadi buat anak IPS juga bisa nih kuliah dikampus yang satu ini.


2. Universitas Padjadjaran (UNPAD)


Kampus yang satu ini beralamat di Jalan Dipatiukur Kota Bandung Jawa Barat. Namun pada prakteknya kegiatan belajar mengajar dilakukan di kampus yang terpisah yaitu ada di Hegarmanah Jatinangor Kabupaten Sumedang. 


Kampus yang satu ini merupakan kampus negeri yang cukup favorite dan di Minati oleh anak-anak SMA di jalur SNMPTN, SBMPTN dan juga mandirinya yang bernama SMUP Unpad.


Menurut versi webometric kampus yang satu ini juga dikenal sebagai universitas terbaik bandung yang memiliki jurusan paling lengkap dan fakultas paling banyak. Jadi buat kalian yang mau masuk kampus yang satu ini Udah deh enggak usah pikirin jurusannya pasti ada.


3. Universitas Telkom atau Telkom University


Sebuah kampus swasta yang sangat populer dan juga ternama nih di kota Bandung beralamat di Jalan telekomunikasi, Dayeuhkolot Sukapura, Bandung Jawa Barat.


Kampus swasta terbaik di bandung ini telah berhasil mencetak para pakar ICT dan Telekomunikasi terkemuka di Indonesia. Universitas ini milik perusahaan Telkom Indonesia yang dilengkapi oleh fasilitas untuk menunjang kebutuhan belajar para mahasiswanya.


Cukup banyak prestasi yang telah diperoleh oleh Universitas Telkom Bandung ini. Untuk kalian yang berminat kuliah di bidang IT Universitas Telkom Bandung bisa menjadi pilihan yang tepat dan juga lengkap.


Universitas Telkom ini menyediakan fakultas elektro, komputer, fakultas ekonomi-bisnis, komunikasi bisnis, industri kreatif, sampai fakultas ilmu terapan.


4. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)


Kita lanjut ke Universitas yang cukup populer dikalangan mahasiswa di jalur SNMPTN SBMPTN dan mandiri buat mereka yang mau jadi guru ini. Ada Universitas Pendidikan Indonesia atau yang biasa kita kenal dengan sebutan Upi. Kampus ini merupakan universitas terkenal di bandung yang banyak diminati.


Universitas yang satu ini dahulunya bernama IKIP Bandung yang akhirnya berjalan itu namanya berubah menjadi Universitas pendidikan Indonesia yang selaras menyediakan banyak jurusan-jurusan pendidikan yang nantinya mencetak para guru-guru terbaik Indonesia.


Walaupun sering dibilang sebagai Kampus Keguruan tapi enggak semuanya jurusan itu mengacu buat kamu jadi gelar SPD ya atau menjadi guru.


Ada beberapa fakultas dan jurusan yang bisa diambil sebagai jurusan murni yang nantinya kamu tidak harus menjadi seorang guru atau memiliki gelar SPD jadi tenang aja tetap banyak pilihan yang menarik di kampus ternama satu ini.


5. Universitas Kristen Maranatha


Mungkin dari kalian udah banyak yang tahu ya kampus yang satu ini beralamat di Jalan Prof Surya Sumantri No 65 Sukawarna Bandung Jawa Barat.


Kampus yang satu ini menjadi sangat terkenal dikalangan mahasiswa Kristen yang ingin menuntut ilmu di kota Bandung. Universitas Maranatha memiliki jurusan dan juga fakultas-fakultas yang lengkap.


Fakultas yang di sediakan oleh kampus ini diantaranya teknik kedokteran, psikologi, ekonomi, sastra, hukum, sampai teknologi informasi dan seni rupa.


6. Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) 


Kampus ini beralamat di Jalan Ciumbuleuit nomor 95 Hegarmanah Cidadap Bandung Jawa Barat.


Universitas Kristen satu ini yang ada di kota Bandung merupakan kampus yang menjadi buruan bagi mahasiswa yang beragama Kristen walaupun dari agama lainnya pun bisa mendaftar di kampus yang satu ini.


Universitas ini disebut-sebut sebagai universitas tertua di kota Bandung.


Fakultas yang bisa kalian pilih diantaranya hukum, teknik ekonomi, ilmu sosial politik, teknologi informasi, teknologi industri bahkan sampai filsafat. 


7. UIN Sunan Gunung Djati 


Universitas Terbaik Dan Terpopuler Di Bandung
Universitas Terbaik Dan Terpopuler Di Bandung

Siapa sih yang tidak kenal dengan kampus ini. Universitas bandung terbaik ini beralamat di Jalan Nasution No. 105 Cipadung Cibiru Bandung Jawa Barat kampus Islam terbaik ya salah satunya ya Kampus ini. 


Universal Negeri Sunan Gunung Djati berada langsung boleh Kementerian Agama atau Kemenag dalam operasionalnya. 


Fakultas-fakultas yang tersedia di kampus ini meliputi fakultas-fakultas keagamaan seperti ada Dakwah Syariah, tapi juga ada psikologi, science, ilmu sosial, ilmu politik dan beberapa lainnya.


Baca Juga: 7 Kampus Keguruan Terbaik Di Indonesia 2022 


8. Politeknik Negeri Bandung


Politeknik paling populer dan terbaik di kota Bandung yaitu Politeknik Negeri Bandung yang beralamat di Gegerkalong Hilir, DS ciwaruga, Parongpong Bandung Jawa Barat.


Politeknik Negeri Bandung juga biasa dikenal dengan Polban ini merupakan pecahan dari kampus ITB atau Institut Teknologi Bandung yang saat ini sudah memiliki entitas namanya sendiri. 


Politeknik Negeri Bandung memiliki jurusan dan fakultas yang cukup lengkap buat kalian yang ingin mempelajari banyak jurusan teknik, ekonomi, bahasa, ataupun bisnis lainnya.



9. Universitas Widyatama 


Kampus ini juga cukup populer di kota Bandung yang dimana beralamat di Jalan Ciputra nomor 204A Sukpada, Cibeunying Kidul, Bandung - Jawa Barat. 


Kampus Widyatama adalah salah satu universitas swasta terbaik di kota Bandung yang saat ini menempati peringkat 5048 terbaik di dunia. 


Perguruan tinggi swasta terbaik di bandung ini sangat terkenal memiliki jaringan alumni yang kuat dan fasilitasnya juga cukup lengkap. Menyediakan Perpustakaan, Pusat IT, laboratorium, studio, poliklinik dan masih banyak lainnya.


Di kampus ini memiliki fakultas yang berisi cukup banyak jurusan seperti teknik ekonomi, Bisnis, Manajemen, bahasa, sampai DKV atau desain komunikasi visual.


10. Universitas Pasundan (UNPAS)


Universitas ini beralamat di Jalan Doktor Setiabudi nomor 193 Kota Bandung, Jawa Barat. UNPAS ini didirikan pada tahun 1960 dan merupakan kampus yang sudah terakreditasi A. Dan saat ini telah menerima mahasiswa dari berbagai belahan dunia.


UNPAS menyediakan program tidak hanya untuk S1 tapi juga ada S2 bahkan sampai dokter. Tidak heran bahwa kampus ini tergolong kedalam salah satu universitas bandung terbaik yang diminati siswa SMA.


Beberapa pilihan fakultas-fakultasnya cukup lengkap mulai dari cukup lengkap mulai dari hukum, ilmu sosial politik teknik, ekonomi, keguruan, ilmu seni atau sastra sampai kedokteran.


11. Universitas Islam (UNISBA)


Kampus yang satu ini cukup populer juga di kalangan mahasiswa di Bandung. Dimana kampus ini beralamat di Jalan Tamansari Kecamatan Bandung Wetan, Kota Bandung Jawa Barat. 


Sesuai dengan namanya UNISBA ini memiliki nilai-nilai sendiri yang didapat dari Tri Dharma perguruan tinggi. Yaitu Mujahid, mujtahid, dan mujaddid. Jadi selain diajarkan untuk memperoleh ilmu pengetahuan, mahasiswa juga dibina untuk mengabdikan dirinya terhadap masyarakat dan penelitian.


Ada cukup banyak fakultas dari fakultas keagamaan sampai fakultas-fakultas keilmuan umum seperti hukum, teknik, Ilmu Komunikasi, ekonomi sampai kedokteran. 


Dengan begitu ini merupakan salah satu univ terbaik di bandung yang bergerak dalam bidang keagamaan dengan mengedepankan masyarakat.


12.  Unikom Universitas komputer Indonesia 


Universitas Terbaik Dan Terpopuler Di Bandung
Universitas Terbaik Dan Terpopuler Di Bandung

Kampus yang satu ini merupakan kampus swasta yang cukup terkemuka di kota Bandung. Walaupun kampus ini Swasta tetapi Kampus ini tergolong kedalam salah satu universitas swasta terbaik di bandung. 


Perguruan tinggi swasta terbaik di bandung ini memiliki spesialisasi di bidang teknologi dan informasi kampus yang memiliki motto quality is our tradition ini berulang kali menjuarai Kejuaraan tingkat nasional dan internasional di bidang teknologi dan informasi.


Buat kalian yang mau belajar tentang komputer teknologi informasi dan lainnya bisa di kampus ini walaupun fakultas-fakultas yang tersedia juga cukup banyak seperti Sastra, ilmu sosial, hukum, ekonomi bisnis dan lain-lain.


13. Universitas Islam nusantara UNINUS


Kampus ini merupakan salah satu kampus Islam yang ada di kota Bandung yang memiliki visi misi untuk menargetkan lulusan mereka menjadi insan cendekia muslim yang berakhlak mulia dan berilmu tinggi. Sehingga tidak heran ini merupakan Universitas terbaik di bandung yang menitik beratkan kepada bidang keagamaan yaitu agama islam.


Namun tidak semua jurusannya terlalu menjurus pada keilmuwan Islam dan banyak juga pilihan fakultas dan jurusan jurusan yg modern seperti Teknik Pertanian, keguruan, hukum, ekonomi dan ilmu komunikasi.


14. Ada Institut Teknologi ITENAS

 

Kampus ini beralamat di Jalan Haji Mustofa nomor 23 Cikutra Cibeunying Kidul, Bandung Jawa Barat kampus yang satu ini juga Dibilang cukup populer di kota Bandung. Merupakan salah satu universitas terbaik di bandung.


15. ISBI Bandung (Institut seni budaya Indonesia)


Kampus ISBI Bandung ini merupakan kampus terbaik di bandung yang cukup terkemuka di kota Bandung dan memiliki status sebagai kampus Negeri. Buat kalian yang ingin mempelajari bidang seni dan budaya cocok banget untuk berkuliah di kampus ini.


Untuk ISBI sendiri kalian bisa memasuki kampus ini melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN karena ini merupakan kampus negeri dan membuat kampus ini juga memiliki biaya yang murah.


Tidak hanya itu Kalian juga bisa menyuplay beberapa beasiswa yang tersedia disana yang banyak didapatkan oleh mahasiswa-mahasiswa nya seperti beasiswa Bidikmisi beasiswa peningkatan prestasi akademik atau TPA dan beasiswa unggulan.


Kampus yang satu ini berspesialisasi di bidang jurusan jurusan Teknik namun tidak hanya itu mereka juga memiliki fakultas-fakultas lain diluar teknik seperti fakultas seni rupa dan desain fakultas teknologi industri dan juga fakultas sipil dan perencanaan.


Nah jadi itulah 15 Universitas Terbaik Dan Terpopuler Di Bandung dan Jurusannya yang telah kami rangkum versi jabartrends.com


Setelah membaca beberapa deretan kampus terpopuler di kota Bandung tersebut kalian yang mau kuliah di kota Bandung udah dapet referensi belum? Kira-kira setelah lulus sekolah SMA mau masuk ke mana nih? 


Pastikan kamu sudah mengetahui lebih dalam dari deretan universitas negeri di bandung dan jurusannya untuk menentukan kampus mana yang akan kalian pilih. Semoga bermanfaat!


Paling banyak dicari:

  • universitas di bandung dan jurusannya
  • universitas di bandung yang murah
  • universitas kedokteran terbaik di bandung
  • universitas d3 di bandung
  • universitas di bandung yang ada asramanya
  • universitas terbaik di bandung 2021
  • universitas terbaik di bandung 2022
  • universitas terbaik di bandung negeri
  • universitas terbaik di bandung dan jurusannya

Komentar

Tampilkan

Terkini