Iklan

15 Istilah Dalam Saham Yang Wajib Diketahui Oleh Pemula

Admin - JabarTrends
21 Januari 2022, 10:28 WIB Last Updated 2022-01-21T03:32:17Z
Baca Juga

stilah Dalam Saham Yang Wajib Diketahui Oleh Pemula
stilah Dalam Saham Yang Wajib Diketahui Oleh Pemula

Istilah Dalam Saham Yang Wajib Diketahui Oleh Pemula - Saat kamu akan berinvestasi di bursa efek, terdapat istilah-istilah yang harus kamu ketahui di dalam saham agar transaksi jual-beli bisa berjalan dengan lancar. Istilah-istilah ini bukan hanya sekedar untuk menimbulkan hal kerena belaka, apalagi terdapat banyak istilah yang dikenal dalam bahasa inggris.


Akan tetapi istilah dalam saham ini merupakan istilah universal yang dipakai di sebagian pasar modal di berbagai negara. Berikut ini merupakan istilah-istilah di dalam saham yang wajib untuk kamu ketahui saat akan menjadi seorang investor.


Istilah Dalam Saham Yang Wajib Diketahui Oleh Pemula 


1. Saham Blue Chip


Istilah dalam saham yang sering dijumpai adalah Saham Blue Chip. Istilah ini merupakan saham berlapis satu yang mamiliki harga yang cukup tinggi dan volatilitas yang cenderung rendah, serta fundamental perusahaan yang kuat.


2. Saham Middle Cap


Saham middle cap merupakan saham lapis kedua yang mimiliki kapilitas pasar antara Rp 500 miliar dengan Rp 10 triliun. Memiliki harga yang cenderung stabil dan biasanya merupakan saham dari perusahaan yang masih berkembang.


3. Saham Small Cap


Istilah ini Merupakan saham lapis tiga dengan kapitalis pasar bawah Rp 500 miliar. Volatilitas tinggi sehingga menjadi incaran spekulan untuk dipermainkan harganya.


4. Emiten


Emiten istilah dalam saham yang merupakan pihak atau peruashaan yang menawarkan efek pada investor melaui penawaran umum.


5. IHSG


Merupakan kepanjangan dari Indeks Harga Saham Gabungan yaitu indikator pergerakan seluruh harga saham yang terdapat di Bursa Efek Indonesia (BEI).


6. IPO (Initial Public Offering)


IPO merupakan istilah dalam saham yang merupakan penawaran pertama kalinya dari perusahaan yang baru terdaftar di Bursa Efek.


7. Listing dan Delisting


Listing merupakan istilah dalam saham yang berisi pencatatan perusahaan di papan pencatatan bursa. Sedangkan Delisting merupakan penghapusan sebuah perusahaan daalam pencatatan di papan bursa. Saham perusahaan yang telah dikenakan delisting akan secara otomatis tidak lagi dijual di bursa.


8. Bearish dan Bullish


Bearish merupakan kecenderungan harga saham untuk mengalami penurunan, sedangkan Bullish merupakan kecenderungan harga saham untuk bergerak naik dalam periode tertentu. 


9. Stop Loss


Istilah ini merupakan teknik untuk memasang order yang dibaca otomatis oleh sistem saat posisi harga saham menyentuh level tertentu. Artinya, transaksi akan terjadi secara otomatis saat sebuah saham berada di kisaran harga yang sesuai dengan pengaturan yang dibuat.


10. Cut Loss


Cut Loss merupakan istilah saham yang berarti upaya yang dilakukan investor untuk membatasi kerugian dengan cara menjual saham yang dimilikinya saat harganya sedang lebih tinggi dari pada harga beli.


11. Profit Taking


Istilah ini adalah aksi pengembalian keuntungan yang dilakukan investor dengan cara menjual seluruh atau sebagian saham yang dimilikinya saat harga lebih tinggi saripada harga beli.


12. BuyBack


Selanjutnya BuyBack, Istilah dalam saham ini berarti kegiatan membeli kembali saham yang dimiliki publik oleh emiten atau perusahaan yang menerbitkan saham tersebut, sehingga kepemilikan sahama akan kembali ketangan perusahaan.


13. Bursa Efek


Pasti kamu pernah mendengar istilah dengan sebutan bursa efek, nah istilah dalam saham ini merupakan pihak yang menyediakan dan menyelenggarakan sistem dan sarana untuk mempertemukan penawaran jual dan beli efek pihak-pihak lain dengan tujuan untuk mendagangkan efek diantara mereka.


14. Efek


Efek merupakan surat yang berharga untuk diperjual belikan di pasar modal, seperti surat pengakuan utang, surat berharga komersial, saham, obligasi dan sejenisnya.


15. Broker (Perusahaan Sekuritas)


Broker adalah pihak perantara antara investor dengan pasar modal di dalam transaksi jual beli saham. Kamu disini hanya membutuhkan broker di dalam melakukan pembelian atau penjualan saham, selain itu broker juga akan memberikan rekomendasi saham yang berpotensial untuk investor.

Baca juga: 9 Daftar broker forex terpercaya di indonesia 2022

Nah itulah 15 Istilah Dalam Saham Yang Wajib Diketahui Oleh Pemula Yang bisa kamu pelajari dalam dunia trading saham agar nantinya kamu dapat memahami dan mengimplementasikan istilah-istilah tersebut kedalam dunia trading.


Sekarang kamu sudah tahu kan istilah-istilah dalam saham yang mungkin sering dijumpai namun belum tahu maksudnya. Semoga bermanfaat!


Paling banyak dicari: 

  • istilah dalam saham pdf
  • istilah ara dan arb dalam saham
  • istilah dalam saham untuk pemula
  • istilah gaul dalam saham
  • kamus saham
  • istilah mg dalam saham
  • idx
  • fungsi bei sebagai


Komentar

Tampilkan

Terkini