Iklan

10 Kampus Negeri Dan Swasta Terpopuler Di Surabaya 2022

Admin - JabarTrends
22 Januari 2022, 22:25 WIB Last Updated 2022-02-16T04:44:37Z
Baca Juga

Kampus Negeri Dan Swasta Terpopuler Di Surabaya 2022

Kampus Negeri Dan Swasta Terpopuler Di Surabaya 2022 – Saat ini universitas yang ada di Surabaya masih menjadi favorit mahasiswa perantau untuk bisa menuntut ilmu. Banyak lo guys kampus bagus yang ada di Surabaya ini Baik negeri maupun swasta.


Nah kalian penasaran nggak sih ada kampus mana aja yang cukup populer di Kota Surabaya dan disclaimer dulu ya bahwa nanti di pemeringkatan pada artikel tidak menunjukkan manakah kampus yang lebih baik atau yang tidak karena ini semua hanya berdasarkan tingkat kepopuleritasan dari kampus tersebut.


10 Kampus Negeri Dan Swasta Terpopuler Di Surabaya Tahun 2022


1. Universitas Airlangga (UNAIR)


Kampus satu ini merupakan universitas negeri yang terletak di surabaya jawa timur. Universitas ini didirikan pada tanggal 10 november 1954 yang bertepatan dengan hari pahlawan ke-9.


Sebagai salah satu kampus yang terpopuler di surabaya unair memiliki 19 fakultas dengan 56 program studi. Universitas yang maskotnya adalah Garuda Mukti ini menentukan biaya kuliah untuk mahasiswa baru jalur reguler menggunakan sistem UKT seperti kampus-kampus Negeri lainnya yang dibagi berdasarkan kelompok mengikuti kemampuan dari Wali mahasiswa.


sedangkan buat kalian yang masuk melalui jalur mandirinya ini akan terkena biaya tambahan yang cukup besar uang gedung Biasanya kalau disebut di swasta.


2. kampus Institut Teknologi Sepuluh November ( Kampus ITS Surabaya)


kampus ITS Surabaya merupakan salah satu perguruan tinggi sains dan teknologi terbaik di Indonesia karena sering banget menjuarai kompetisi di Bidang sains dan teknologi.


Pada setiap tahun ajaran baru ITS membuka jalur penerimaan mahasiswa baru melalui jalur nasional dan mandiri. Jalur nasional kita tahu sendiri ada SNMPTN dan SBMPTN sedangkan jalur mandiri sendiri terdapat ada seleksi kemitraan seleksi Mandiri ujian dan seleksi Mandiri prestasi.


ITS telah menerapkan sistem uang kuliah Tunggal atau UKT karena kamu sini sendiri merupakan kampus negeri yang harus memiliki standar biaya kuliah pengelompokan UKT yang menyesuaikan kemampuan dari orang tua si mahasiswa.


3. Universitas Surabaya (UBAYA)


kampus ubaya ini didirikan pada tahun 1966 oleh tokoh-tokoh penting dikalangan masyarakat, pendidik, pengusaha dan pemerintah pada zaman itu di Kota Surabaya.


Sebelumnya nama Ubaya ini adalah Universitas Trisakti Surabaya. Ubaya merupakan salah satu universitas swasta terbaik di Surabaya dan biaya masuknya mulai dari 10 juta sampai 32,5 juta untuk program regulernya. Dan dia persemesternya mulai dari 10 jutaan sampai 18 jutaan.


Sedangkan untuk program International biaya masuknya mulai dari 27,5 juta sampai 32,5 juta. jurusan dengan biaya masuk paling mahal adalah jurusan pendidikan dokter dengan biaya masuk sebesar 285 juta. Inget ya biaya masuk itu biaya yang hanya dibayarkan sekali ketika awal masuk aja bukan seperti UKT yang dibayarkan setiap semesternya.


Baca Juga: 7 Kampus Keguruan Terbaik Di Indonesia 2022 


4. Universitas Kristen Petra 


Universitas yang berada dalam naungan Yayasan Pendidikan Petra Surabaya ini sudah ada sejak 1961. Yayasan Pendidikan Petra sendiri membuka sekolah untuk tingkat TK SD SMP SMA hingga Universitas.


Layak saja jika Universitas Kristen Petra ini disebut sebagai Universitas swasta terbaik di Surabaya dengan biaya masuk yang berkisar antara 7,5 sampai 31 jutaan rupiah. 


Sedangkan biaya persemesternya disini dimulai dari harga 5 jutaan sampai 20 jutaan tapi itu belum termasuk biaya administrasi tambahan lainnya yang wajib harus dibayarkan setiap semester ya.


Jurusan Dengan Biaya Masuk Termurah Adalah Jurusan Pendidikan guru sedangkan yang termahal ada jurusan International business management. 


5. Universitas Negeri Surabaya ( UNESA) 


UNESA ini adalah perguruan tinggi negeri di Surabaya yang berdiri pada 19 Des 1964 dan Pada awal berdirinya Unesa ini bernama IKIP Surabaya yaitu salah satu kampus keguruan yang ada di Surabaya pada saat itu.


Seperti kebanyakan kampus lainnya Unesa menerapkan dua komponen pembiayaan yang pertama ada SPP atau UKT dan yang kedua ada uang gedung SPI untuk beberapa jalur masuk.

 

Sedangkan mahasiswa yang lulus seleksi melalui jalur mandiri selain hanya membayar UKT dia diharuskan juga menyiapkan uang kuliah awal atau UKA. bisa juga dikenal dengan sebagian orang saat ini yaitu uang gedung yang dimana besarannya untuk jenjang Diploma berada di 15 jutaan Sedangkan untuk Jenjang Sarjana berada di angka 20 jutaan.


Memang cukup mahal ya maka dari itu buat kalian yang masuk kampus Negeri pastikan kalian bisa lolos di jalur SNMPTN dan SBMPTN sebelum berusaha di jalur mandirinya.


6. Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur ( UPN Veteran Jawa Timur )


Universitas yang beralamat di jalan raya rungkut madya gunung anyar surabaya ini baru diresmikan sebagai kampus negeri pada 6 okt 2014 lalu. Meskipun status negerinya tergolong baru namun UPN Veteran Jawa Timur ini sudah mendapatkan Akreditasi A BAN PT.


Terdapat beberapa fakultas di UPN Veteran Jawa Timur ini yang bisa kalian ambil seperti ilmu komputer, Hukum, Ilmu konomi dan bisnis, arsitektur, desain, pertanian, teknik serta Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.


Untuk biaya kuliahnya sendiri di UPN Veteran Jawa Timur karena ini merupakan kampus Negeri, biaya kuliahnya dibagi berdasarkan kelompok. Namun berdasarkan kampus quipper.com biar rata-rata untuk mahasiswa di UPN Veteran Jawa Timur ini dikisaran 4,6 juta sampai 5 jutaan rupiah persemesternya dengan gunakan sistem UKT.


7. Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya 


Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya ini termasuk sebagai kampus berumur tua karena didirikan sejak tahun 1958. Universitas Katolik Widya Mandala adalah salah satu universitas swasta terbaik di Surabaya dengan biaya masuknya yang memiliki kisaran umum sekitar 5 sampai 33 juta rupiah.


Untuk fakultas kedokteran biaya masuknya memiliki level yang lumayan besar yaitu disekitar 300 jutaan. Untuk biaya persemester Universitas ini mematok harga mulai dari enam juta sampai 30 juta rupiah.


8. Universitas Ciputra 


kamu yang tertarik dengan dunia bisnis bisa banget nih memilih Universitas Ciputra ini yang udah terkenal dimana-mana sebagai kampus yang cukup elit ya dengan biaya yang cukup mahal juga pastinya.


Universitas yang satu ini mengedepankan nilai kewirausahaan sehingga setiap ilmu dari jurusan yang diajarkan akan dikaitkan dengan dunia bisnis.


kampus yang beralamat di Citraland CBD bomberland Kota Surabaya Jawa Timur ini memiliki beberapa fakultas yang bisa kalian pilih seperti fakultas manajemen dan bisnis, industri kreatif, teknologi informasi, psikologi, pariwisata, ilmu komunikasi dan media bisnis kedokteran, dan pasti juga ada fakultas entrepreneursup dan Humaniora.


Universitas Ciputra juga masuk ke dalam daftar Universitas swasta terbaik di Surabaya. walaupun termasuk kelompok univ swasta, Universitas Ciputra telah mendapat akreditasi A dari BAN-PT lho.


Untuk biaya kuliahnya Sendiri sebelumnya biaya masuknya ada disekitar 29 jutaan sampai 340 jutaan. Memang cukup mahal memang tapi fasilitas yang diberikan tidak akan kaleng-kaleng guys.


9. Politeknik elektronika Negeri Surabaya (PENS)


Jika kamu sedang mencari Sekolah Teknik di Surabaya kuliah di PENS ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Politeknik ini telah mendapat akreditasi A dan terkenal cukup baik dibidang sekolah tekniknya.


Politeknik elektronika Negeri Surabaya secara resmi berdiri sejak tahun 1988 sebagai sebuah perguruan tinggi Politeknik PENS menyelenggarakan pendidikan vokasi atau terapan yang lebih banyak berorientasi pada praktik ketimbang teori.


biaya pendidikan pens sendiri, karena merupakan kampus Negeri menggunakan sistem uang kuliah Tunggal atau UKT yang biaya per semesternya dibagi berdasarkan klasifikasi kelompok.


10. Universitas 17 Agustus 1945 


kampus Universitas 17 Agustus 1945 atau yang biasa dikenal dengan sebutan UNTAG. Kampus ini sudah ada sejak tahun 1958. Universitas ini terletak di Jalan Semolawaru Nomor 45.


Hingga kini ada tujuh fakultas di Universitas 17 Agustus surabaya ini meliputi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Psikologi, Fakultas Teknik dan Fakultas Ilmu Budaya sekaligus juga ada vokasi untuk diplomanya.


Untuk biaya kuliahnya sendiri berdasarkan kursiguru.com Universitas ini mematok biaya masuk yang masih cukup relatif terjangkau disekitar 6,5 juta sampai 12,5 jutaan yang bisa dicicil dalam pembayarannya.


Nah jadi itulah10 Kampus Negeri Dan Swasta Terpopuler Di Surabaya 2022 yang telah kami rangkum versi jabartrends.com


Gimana nih buat kalian yang mau kuliah di Surabaya Apakah sudah mendapatkan rekomendasi yang cocok untuk kalian mau kuliah di kampus nomor berapa nih kira-kira?


Semoga artikel tersebut menjadi referensi bagi kamu yang ingin melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi ya!


Komentar

Tampilkan

Terkini