Iklan

Prospek Kerja dan Besaran Gaji antara Lulusan Sekolah Kedinasan dengan Perguruan Tinggi

Admin - JabarTrends
Saturday | 09:00 WIB Last Updated 2021-10-10T08:52:03Z

     

Prospek kerja Sekolah kedinasan dan Universitas

Prospek Kerja dan Besaran Gaji antara Lulusan Sekolah Kedinasan dengan Perguruan Tinggi 


Sekolah kedinasan bisa dibilang zona nyaman dan aman karena kalian gak perlu pusing-pusing lagi setelah lulus nanti mau kerja di mana dan sebagai apa pokoknya pastikan deh jadi abdi negara atau negeri sipil yang bisa mendapatkan gaji bulanan secara pasti.

Masuk sekolah kedinasan di masa sekarang cukup berat dan cukup sulit persaingannya, seleksi ujian sekolah kedinasan agak berbeda dibandingkan dengan sekolah perguruan tinggi. Dimana Sekolah Kedinasan mempunyai ketentuan masing-masing yang terkait dengan Kementerian yang menaunginya.

Bisa dibilang gaji lulusan sekolah kedinasan setingkat S1 atau Diploma lumayan banget kisaran 3 jt. Tapi jangan salah yang besar itu tunjangannya dimana bisa 2-5 kali lipat dari gaji pokoknya. Untuk kenaikan gaji PNS sendiri biasanya rata-rata  2 tahun sekali tergantung Kementerian masing-masing.

Berikut Beberapa Sekolah Kedinasan beserta gajinya: 

1. Pkn-Stan

 

Gaji lulusan Pkn-Stan berada pada kisaran 2,4-3 juta sesuai peraturan pemerintah yang sudah ditetapkan, tapi jangan salah masih ada tunjangan yang besarannya bisa sekitar sampai 3 jutaan lebih dan merekapun akan selalu meningkat gajinya mengikuti golongan PNS. 

Lulusan Pkn-stan nantinya akan bekerja di instansi atau lembaga yang berkaitan dengan kementerian keuangan. Contohnya: 

  • PKK perpajakan kantor 
  • PPK kepabeanan. Dll


Untuk lulusan D3 stan nanti akan menjadi PNS golongan 2d sedangkan lulusan D4 akan menjadi PNS dengan 3A karena golongan 3A gajinya akan lebih besar Karena pulangnya juga lebih lama.

2. Sekolah Tinggi Transportasi Darat 


Berada dibawah naungan Kementerian Perhubungan dari Sekolah Tinggi Transportasi Darat. Kalau kalian lulusan STTD kalian akan disebar di beberapa Kantor Dinas Perhubungan untuk urusan transportasi pribadi atau umum seperti bus kereta api. 

STTD mungkin gajinya gak besar banget lulusan baru STTD sebagai PNS golongan 2B untuk D3 mendapatkan gaji sekitar 2,4 jutaan dengan tunjangan sekitar 1,9 Jt/bulan untuk pegawai yang masih berstatus single.

3. IPDN (Institut Pemerintahan dalam Negeri)


Dibawah naungan Kementerian Dalam Negeri lulusan Praja IPDN memiliki nilai plus di jajaran pemerintahan secara gaji bisa dibilang besar untuk para lulusan Praja IPDN yang berprestasi.

Ketika mereka menjabat sebagai Lurah mereka bisa mendapatkan gaji sekitar 30 jutaan, gaji tersebut meliputi:

  • Gaji pokok, 
  • Tunjangan jabatan, 
  • Tunjangan kinerja daerah statis,
  • Tunjangan kinerja daerah dinamis, 
  • Tunjangan transportasi, dll


4. Sekolah Tinggi Ilmu Statistika 


Dibawah naungan Badan Pusat Statistik dimana lulusan STIS ini nantinya akan bekerja di BPS (Badan Pusat Statistik) yang bertugas menyediakan data statistik yang umumnya untuk kepentingan pemerintahan seperti:

  • Data ekonomi mikro, 
  • Jumlah pengangguran, 
  • Data kependudukan, 
  • Kesehatan masyarakat, dll


Lulusan D4 nantinya akan berada di tingkat PNS golongan 3A dengan besaran gaji 2,5 jutaan dan besaran tunjangan sekitar 3 jutaan lebih 

5. Akademisi Kepolisian 


Berapa sih besaran gaji para aparatur penegak hukum? 

Untuk Akademi Kepolisian sendiri lama pendidikan selama 4 tahun, dimana ketika kalian lurus kalian akan mendapatkan gelar STK (Sarjana Terapan Kepolisian) dengan pangkat nantinya adalah IPDA (Inspektur Polisi Dua) Untuk gaji IPDA sendiri ini sudah diatur berdasarkan PP Nomor 32 tahun 2015 yaitu besaran gaji pokoknya adalah 2.600.000 dan untuk tunjangan-tunjangannya cukup banyak. Untuk IPDA besaran gaji sekitar 7-10 juta.

Nah itulah kira-kira besaran gaji buat anak-anak lulusan Sekolah Kedinasan.

Anak universitas Gak kalah sama anak kedinasan kah ? 


Kalau ngomongin anak-anak muda zaman sekarang rasanya mereka akan lebih banyak memilih untuk melanjutkan pendidikan di Universitas. Kenapa demikian, karena di Universitas mereka akan mendapatkan lebih banyak kebebasan dan kelonggaran untuk mengeksplor pilihan cakupan ilmu yang lebih luas yang mereka suka. 

Beberapa gaji dari anak lulusan Universitas?


1. Manajemen akuntansi dan Bisnis atau Niaga 


Lulusan Universitas gak bisa kerja dibawah instansi kementerian keuangan lalu diangkat jadi PNS. Tapi ketika kalian diterima lulusan S1 universitas di pemerintahan kalian sudah bisa mendapatkan gaji 4-7 juta. Sedang kami perusahaan swasta atau startup kalian bisa mendapatkan 5-10 juta, tentunya akan perlahan naik sesuai proses jenjang karir kalian. 

2. Statistik 


Lulusan ini punya saingan nya 60 sekolah kedinasan, buat kalian lulusan statistika universitas karena kemampuan data analisis kalian sangat dibutuhkan juga di sektor swasta dimana data analisis kalian nantinya menjadi ujung tombak.

3. Teknik industri 


Buat kalian anak-anak teknik industri kalian bisa masuk kementerian perindustrian, Kementerian Ketenagakerjaan juga bisa karena teknik industri bisa dibilang cakupannya cukup luas di sektor negeri maupun swasta.

Buat kalian yang beruntung bisa masuk di Kementerian atau BUMN kalian bisa mendapatkan gaji sekitar 6-7 jutaan perbulan buat kalian yang di sektor swasta yang cukup ternama akan bisa mendapat gaji sekitar 5-6 jutaan/bulan.

4. Pendidikan dengan gelar S. pd


Lulusan jurusan yang berbau ke pengajaran-pengajaran gitu seperti ilmu murni dengan ketertarikan menjadi pengajar guru atau Dosen gaji kalian untuk tingkat S1 bisa diangkat menjadi PNS. Nantinya kamu akan menjadi PNS golongan 3A dengan gaji sebagai guru sekitar 2-3 jutaan dan ditambah tunjangan-tunjangan lain yang ditaksir totalnya sekitar 6-9 jutaan. 

Nah segitu aja yang bisa dijabarkan mengenai gaji Lulusan Sekolah Kedinasan dan Lulusan Universitas.

Jadi kesimpulannya anak kedinasan memang lebih unggul kalau persoalan hari tua Karena jarang banget yang namanya PNS dipecat selama dia gak melakukan tindak kejahatan. Sedangkan anak universitas yang kerjanya di swasta itu tiap hari yang gak pasti bisa aja ada pemutusan kerjakan. 

Tapi buat kalian mau lulusan sekolah kedinasan atau lulusan universitas harus tetap bersyukur karena dimanapun kita kerja disitulah Rezeki kita.

Terus pantengin situs jabartrends.com  yaa, supaya gak ketinggalan informasi!!
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Prospek Kerja dan Besaran Gaji antara Lulusan Sekolah Kedinasan dengan Perguruan Tinggi

Trending Now

Iklan