Notification

×

Iklan

Iklan

Review 7 Kelebihan Dan Kekurangan Realme Narzo 30A, Jangan Beli Sebelum Tahu Ini

Thursday, June 24, 2021 | 13:55 WIB Last Updated 2021-07-20T13:55:59Z

 

Review Kelebihan dan kekurangan realme narzo 30a

Jabartrends.com -Realme indonesia resmi merilis smartphone terbarunya yakni Narzo 30A. Realme mengklaim smartphone entry-level harga 2 jutaan itu punya spesifikasi yang mumpuni untuk bermain game. Nah bagi sobat yang tertarik untuk membelinya alangkah baiknya simak dulu 7 kelebihan dan kekurangan Realme Narzo 30A.


7 Kelebihan Dan Kekurangan Realme Narzo 30A, Yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Membelinya


Kelebihan Realme Narzo 30A 


1. Performa Gahar 

Kelebihan Realme Narzo 30A yang pertama adalah dapur pacu Realme Narzo 30A memang masih sama dengan narzo 20 yakni mediatek helio g85 fabrikasi 12nm dengan clockspeed mencapai 2 ghz. Berkat chipset tersebut dari Realme Narzo 30A mampu menyuguhkan performa responsif. Smartphone ini mampu menjalankan banyak aplikasi di belakang layar dan nyaris tak memunculkan jeda ketika berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya.


Realme Narzo 30A ini juga cocok untuk gaming karena mampu menjalankan game-game terkini dengan lancar maka dari itu smartphone dengan chipset helio g85 bisa dibilang adalah salah satu pilihan terjangkau jika sobat suka bermain game.


2. Baterai Badak Ukuran Baterai 6000mah 

Kelebihan Realme Narzo 30A yang ke-2 adalah baterai badak ukuran baterai 6000mah. Memang bukan hal yang luar biasa lagi buat smartphone kelas entry, pasalnya sudah banyak smartphone dikelas harga sama yang punya kapasitas serupa, bahkan kakak narzo 30a ini narzo 20 saja sudah memakai ukuran ini. 


Meski begitu berani menghadirkan kapasitas baterai besar buat smartphone murah perlu diapresiasi. Terlebih ini adalah penting buat sobat yang doyan berlama-lama menatap layar. Sobat hanya butuh sekali charge agar bisa memakai smartphone seharian.


3. Tampilan Dan Antarmuka Cukup Oke

Kelebihan Realme Narzo 30A yang ke-3 adalah memiliki tampilan dan ui yang cukup oke. Realme Narzo 30A sudah dibekali pelindung layar berupa corning gorilla glass 3. Maka dari itu smartphone ini dijamin tahan goresan saat tak sengaja bergesekan dengan kunci di dalam saku celana. 


Layarnya ini gunakan panel ips 6,5 inci. Memang masih beresolusi hd+ dengan kerapatan pikselnya cuma 270ppi, kendati demikian detail gambar yang dihasilkan masih cukup oke dan tidak ada masalah saat menampilkan video dari youtube atau netflix malah layarnya punya adaptasi yang bagus saat digunakan di bawah terik matahari sebab kecerahannya mencapai 570 nits. 


Smartphone ini menjalankan antarmuka Realme UI 2.0 berbasis android 10. Animasi transisi ketika membuka menu satu ke menu lainnnya sudah hampir tiada jeda. Selain itu ui ini juga terlihat bersih karena mengandung sedikit bloatware, dilengkapi juga dengan feature focus mode untuk sobat yang tidak ingin diganggu.


Selain itu ada juga 11 wallpaper bertema alam yang bisa sobat pilih sebagai penghias layar. Salah satu fitur unik yang disematkan ui ini adalah dua mode musik share. 


Fitur yang berguna untuk menyetel musik di 2 output audio dalam waktu bersamaan. Dengan fitur ini sobat bisa memasang earphone kabel untuk diri sendiri serta albert nirkabel buat teman yang ingin mendengarkan musik bareng 


4. Memiliki Desain Yang Keren

Kelebihan Realme Narzo 30A yang ke-4 adalah memiliki desai yang keren. Saat melihat bagian depan Realme Narzo 30A impress yang akan timbul mungkin biasa saja. Hal itu terlihat dari pemosisian kamera depan ala tetesan air yang sudah mainstream dan meja layarnya masih tebal di bagian bawah. 


Namun jika smartphone di balik ke belakang tampang smartphone ini terlihat keren dan kekinian sekitar sepertiga bagian penutup belakangnya dipoles dengan halus selebihnya sekitar dua pertiga bagian yang lain punya motif garis-garis bertekstur. 


Desain seperti ini adalah pertama kali diterapkan di seri real narzo, meski begitu samsung galaxy a 12 sudah lebih dulu memakai desain penutup belakang seperti ini bahkan penutup belakangnya adalah plastik polikarbonat. Begitu juga dengan frame yang mengelilinginya meskipun berbahan plastik, smartphone ini nyatanya punya Build quality yang cukup bagus.


Selain kelebihan tentunya Realme Narzo 30A juga punya beberapa kekurangan yang perlu sobat pertimbangkan sebelum membelinya. Apa sajakah itu ? Berikut beberapa kekurangan Realme Narzo 30A


Kekurangan Realme Narzo 30A

1. Bobot Relatif Berat

Kekurangan Realme Narzo 30A yang pertama adalah bobot yang relatif berat. Bobot smartphone yang berat adalah konsekuensi dari ukuran baterai besar. Ini adalah hal wajar, memang jarang ada smartphone dengan ukuran baterai 6000mah yang bobonya dibawah 200g  termasuk Realme Narzo 30A yang punya bobok 207g.  


Sisi positif bobot berat adalah grip yang mantap mas gitu menenteng smartphone ini relatif bikin tangan cepat pegal, apalagi jika sobat lebih suka menggunakan smartphone dengan satu tangan.


2. Kualitas Kamera Biasa Saja

Kekurangan Realme Narzo 30A yang ke-2 adalah kualitas kamera biasa saja. Sobat jangan tertipu dengan bentuk model kotak kamera belakangnya yang punya empat lingkaran. Pasalnya kamera belakangnya ini cuma ada dua plus satu lampu flash. 


Lensa utamanya beresolusi 13 megapiksel sedangkan lingkaran satunya adalah lensa monokrom 2 megapiksel. Konfigurasi lensa utama + lensa monokrom yang kurang familiar sejak pertama kali muncul di huawei p9 2017. Umumnya pendamping kamera utama adalah lensa makro, kedalaman atau ultra wide.


Lensa monokrom gunanya adalah menangkap gambar dengan mode hitam putih dengan lebih baik lensa ultra-wide tentu akan lebih fungsional ketimbang monokrom. Soalnya lensa ultra-wide memungkinkan lebih banyak objek yang bisa ditangkap oleh kamera. Lensa ini penting buat sobat yang suka foto bareng dengan banyak teman atau saudara. 


Adapun hasil tangkapan kamera belakangnya bisa dibilang biasa saja, tidak ada masalah soal detail dan dynamic range dalam kondisi cahaya yang cukup. Beranjak ke kamera depan, ada selingkar lensa 8 megapixel. Kamera depannya cukup bagus dalam menangkap detail, dan warnanya cukup akurat saat siang hari.  Baik kamera depan dan belakang bisa merekam video hingga 1080p di 30fps.


3. Storage Masih eMMc 5.1

Kekurangan Realme Narzo 30A yang ke-3 yaitu masih menggunakan teknologi memori internal yang diusung masih eMMc 5.1. Kecepatannya memang tidak pelan kira-kira setara dengan ssd sata buat komputer. 


Namun tren memperlihatkan kini semakin banyak smartphone yang beralih ke teknologi penyimpanan berbasis UFS, seperti Redmi 9T  dan Poco M3 yang punya rentang harga sama. 


2 smartphone itu memakai storage UFS 2.1. Untuk varian storage 64 Gb UFS 2.1 tentu lebih cepat jika dibandingkan dengan eMMc 5.1.


Singkatnya UFS adalah standar storage masa depan yang akan memberikan pengalaman lebih baik khususnya ketika smartphone memuat file game, aplikasi, dan menyimpan foto atau video beresolusi tinggi.


Nah itulah beberapa pembahasan yang telah jabartrends rangkum mengenai review kelebihan dan kekurangan Realme Narzo 30A


Smartphone ini cocok buat sobat yang ingin tampil beda berkat desain keren dengan tutup belakangnya. Kemampuan gaming nya juga cukup oke untuk menjalankan game-game masa kini dengan lancar. Semoga bermanfaat.