Iklan

Wajib tahu ! Doa-doa di akhir Puasa Ramadan yang sering dibaca oleh Rasulullah

Admin - JabarTrends
Wednesday | 14:29 WIB Last Updated 2021-10-10T08:52:03Z

Kumpulan Doa-doa di akhir Puasa Ramadan yang sering dibaca oleh Rasulullah -Bulan Puasa Ramadhan 1442H akan segera berakhir. Bulan suci ini tidak terasa akan meninggalkan umat muslim dalam waktu dekat. 


Walaupun bulan suci ini akan berlalu, umat muslim tetap dianjurkan untuk tetap memperbanyak amalan ibadah di akhir ramadhan. Salah satunya melakukan puasa-puasa sunah, beramal shaleh, bersedekah, berdzikir dan berdo’a. 


Biasanya di penghujung Ramadhan Rasulullah selalu mengingatkan agar membaca do’a akhir Ramadhan. Dikutip dari Islami.co, dalam riwayat Jabir bin Abdullah al-Anshari disebutkan bahwa Rasulullah SAW selalu mengingatkan untuk membaca doa di akhir Ramadan.

 

(sumber ilustrasi berdoa: Popbela.com)

Doa akhir Puasa Ramadan yang dibaca Rasulullah sebagai berikut: 


Allahumma la taj'al akhiral'ahdi min shiyamina iyyahu, fain ja'altahu fa'jalni marhuma, wa la taj'alni mahruma. 


Artinya: "Ya Allah janganlah Engkau jadikan bulan Ramadhan ini sebagai Ramadhan terakhir untuk kami berpuasa. Jika pun Engkau mentakdirkan ini Ramadhan terakhir, jadikanlah aku orang yang mendapat rahmat-Mu, jangan Engkau jadikan aku orang yang malang". 


Namun selain itu, Islam membolehkan membaca doa apapun, boleh menggunakan bahasa arab maupun bahasa masing-masing, selama itu mengandung kebaikan saat penghujung Ramadan itu tetap diperbolehkan, karena allah SWT maha tahu tentang apa yang di inginkan hambanya.


Disini dikutip dari inews.id ada beberapa do’a yang dapat di dawamkan ketika di penghujung bulan ramadhan diantaranya :


1. Doa Mohon Dipertemukan Ramadan yang akan datang

 اللَّهُمَّ لاَ تَجْعَلْهُ آخِرَ الْعَهْدِ مِنْ صِيَامِنَا إِيَّاهُ، فَإِنْ جَعَلْتَهُ فَاجْع لْنِيْ مَرْحُوْمًا وَ لاَ

 تَجْعَلْنِيْ مَحْرُوْمًا

Allahuma laa taj'alhu aakhiril'ahdi min shiyaminaa iyyaahu, fain ja'altahu faj'alnii marhuuman walaa taj'alnii mahruuman. 


Artinya: 

Ya Allah, janganlah Kau jadikan bulan Ramadhan ini sebagai Bulan Ramadhan terakhir dalam hidupku. Jika Engkau menjadikannya sebagai Ramadhan terakhirku, maka jadikanlah aku sebagai orang yang Engkau sayangi. 


2. Doa Mohon Ampunan

 للَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي ا»

 Allahumma innaka 'afuwwun tuhibbul 'afwa fa'fu 'anni "

Artinya: Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf, suka memaaf, maka maafkanlah daku.”


3. Doa Mohon Ibadah Puasa Diterima

 رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا صِيَامَنَا وَقِيَمَنَا وَرُكُوْعَنَا وَسُجُوْدَنَا وَتِلَاوَتَنَا إِنَّكَ أَنْتَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ 


Artinya: Wahai Tuhan kami... terimalah puasa kami, shalat kami, ruku' kami, sujud kami dan tilawah kami. Sesungguhnya Engkau Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui" Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Kumpulan Doa Akhir Ramadhan Lengkap dengan Arti agar Puasa Diterima.


4. Doa Diselamatkan Api Neraka

 اللهم إنا نسألك رضاك والجنة ونعوذ بك من سختك والنار، اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ كَرِيمٌ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّا. 


5. Doa Mohon Amalan Diterima

 اَللَّهُمَّ سَلِّمْنـِيْ إِلَى رَمَضَانَ وَسَلِّمْ لِـيْ رَمَضَانَ وَتَسَلَّمْهُ مِنِيْ مُتَقَبَّلاً 

Allahumma Sallimnii ilaa romadhoona wa sallim lii romadhoona wa tasallamhu minni mutaqobbalan 


Artinya: “Ya Allah, antarkanlah aku hingga sampai Ramadhan, dan antarkanlah Ramadhan kepadaku, dan terimalah amal-amalku di bulan Ramadhan.” 


6. Doa Permohonan Keselamatan

 اللَّهُمَّ إنِّي أَعُوذُ بِرِضَاك مِنْ سَخَطِك وَبِمُعَافَاتِك مِنْ عُقُوبَتِك وَأَعُوذُ بِك مِنْك لَا أُحْصِي ثَنَاءً عَلَيْك أَنْتَ كَمَا أَثْنَيْت عَلَى نَفْسِك 


Artinya, “Tuhanku, aku berlindung kepada ridha-Mu dari murka-Mu dan kepada afiat-Mu dari siksa-Mu. Aku meminta perlindungan-Mu dari murka-Mu. Aku tidak (sanggup) membilang pujian-Mu sebanyak Kau memuji diri-Mu sendiri,” (HR Abu Dawud, Tirmidzi, An-Nasa’i, dan Ibnu Majah). 


Di akhir bulan Ramadhan ini, yang bisa kita harapkan dari Allah SWT hanyalah ampunan dan juga mengharapkan RidhaNya. 


Semoga Allah bisa menerima semua amal serta ibadah yang sudah kita lakukan selama bulan Ramadhan ini, meskipun hanya sedikit dan sangat banyak kekurangan. 


Semoga Allah bisa menjadikan kita insan yang istiqomah dalam menjalankan ibadah selepas bulan suci Ramadhan. 


Demikian Kumpulan Do’a-do’a akhir Puasa Ramadan. Semoga artikel ini dapat berguna bagi sobat Jabar Trends dan jangan lupa bagikan artikel ini ke media sosial supaya mereka mendapatkan ilmunya dan bisa jadi amal baik bagi kita semua. sekian dan terimakasih.


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Wajib tahu ! Doa-doa di akhir Puasa Ramadan yang sering dibaca oleh Rasulullah

Trending Now

Iklan